Tiket Nataru Masih Minim Peminat

Locoshop.co.id – Pemerintah mulai menjual tiket angkutan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Baik itu tiket kereta api (KA) maupun kapal. Waktu penjualan kali ini dipercepat dibanding periode-periode sebelumnya. Salah satu tujuannya untuk memberikan waktu yang lebih kepada calon penumpang.

”Selama ini KAI menjual tiket mulai H-30 sebelum keberangkatan. Tapi, pada masa libur Nataru kali ini, KAI mengubahnya menjadi H-45,” ungkap Vice President Public Relations PT KAI Joni Martinus kemarin (8/11).

Read More

KAI menjual tiket sejak Senin (7/11). Pembelian bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website KAI, contact center 121, serta loket boks. Termasuk di seluruh mitra resmi KAI. Pemesanan tiket akan dilayani 24 jam. ”Khusus untuk di loket stasiun hanya melayani pembelian go show, yakni mulai tiga jam sebelum pemberangkatan,” jelasnya.

KAI menyediakan total 2,2 juta tempat duduk untuk KA jarak jauh selama 18 hari melalui 4.079 perjalanan. Rata-rata sebanyak 124 ribu seat dan menjalankan 227 perjalanan per hari. Periode angkutan Nataru yang ditetapkan KAI adalah untuk keberangkatan 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. ”Hari ini (kemarin, Red) adalah hari kedua tiket Nataru kita buka pemesanannya dan sejauh ini masih belum terlihat lonjakan pemesanan tiket,” terangnya.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengungkapkan, tiket feri juga sudah dapat dipesan. Tepatnya sejak H-60 keberangkatan. Hanya, untuk via online, baru berlaku di empat pelabuhan utama, yakni Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk. ”Untuk layanan feri, selain di empat pelabuhan utama, ASDP sudah menerapkan transaksi pembayaran digital,” ujarnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : gih/agf/c9/oni



Sumber: www.jawapos.com

Related posts