Tetap Berani Ekspansi Bisnis di Tengah Ancaman Resesi Global 2023

Locoshop.co.id – Waralaba atau franchise menjadi salah satu peluang bisnis yang populer di Indonesia. Ini karena bisnis waralaba dinilai mempunyai risiko kerugian yang lebih minim jika dilihat dari segi konsep.

Dalam bisnis waralaba, para pelakunya menerapkan metode pendistribusian produk atau layanan yang melibatkan franchisor sebagai pemilik merek dagang dan nama bisnis. Penerima waralaba yang ingin memasarkan produk diharuskan untuk membayar royalti dan seringkali juga membayar biaya investasi awal untuk bisa memperoleh hak atas kekayaan intelektual di bawah nama serta sistem franchisor.

Read More

Akan tetapi, pandemi Covid-19 yang menimpa Indonesia semenjak tahun 2020 lalu membuat bisnis waralaba sempat mengalami pukulan, terutama adalah waralaba theme park, travel, pendidikan, makanan, minuman, dan hotel. Belum selesai sampai di situ, masyarakat saat ini masih dibayang-bayangi oleh ancaman resesi global pada tahun 2023 mendatang.

Walau demikian, beberapa pengusaha waralaba maish terus bergeliat dengan memanfaatkan momentumnya untuk dapat terus berkreasi dan bertumbuh semakin massif sebagai salah satu solusi dalam menghadapi resesi dan krisis multidimensi.

Bisnis waralaba Lima Warna Indonesia yang bergerak sejak 2020 di bidang bisnis minuman kekinian adalah salah satunya. Mereka mengklaim berhasil menuai hasil dan menembus tekanan selama pandemi berkat kepiawaian dan pengalaman yang sudah teruji selama belasan tahun berbisnis.

“Dengan formula khusus yang disusun tim research and development serta mengusung strategi ekspansi outlet oleh tim marketing yang andal ditambah fakta terus meningkatnya tren minuman jenis ini, kami yakin produk kami akan kembali menjadi pilihan,” terang Teguh Setio, Head of Marketing Communication Lima Warna Group dalam keterangan resmi yang diterima.

Teguh mengatakan, pihaknya pada 2023 nanti akan merilis merek baru bernama Es Teh Lima Warna yang sudah diriset dan diuji coba sejak lama. “Dengan pengalaman serta konsep yang lebih sempurna dibanding dengan para kompetitor, kami sangat optimistis mampu mewarnai ketatnya persaingan di usaha minuman sejenis,” kata Teguh.

Tak cuma itu, Teguh menambahkan, pihaknya juga membuka diri kepada para pebisnis baru untuk berbagi ilmu. “Pebisnis pemula yang akan memulai untuk belajar berbisnis juga kami bina dan kami dampingi,” tutupnya.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts