Strategi Erick Thohir Benahi BUMN Layak Diacungi Jempol

Locoshop.co.id – Upaya bersih-bersih BUMN yang terus ditunjukkan Erick Thohir membawa angin segar perbaikan Kementerian BUMN secara menyeluruh. Sejumlah perusahaan negara yang mengalami kerugian akibat korupsi, disehatkan kembali dan perlahan menunjukkan pertumbuhan.

Pengamat Transparansi Pemerintahan, Sondang Hutagalung mencontohkan hal itu terlihat pada penyelamatan Jiwasraya dan Asabri, dua perusahaan pelat merah yang mengelola dana pensiun dan sama-sama terlilit masalah karena manajemen. Contoh lainnya, restrukturisasi perusahaan BUMN bidang perkebunan yang memiliki utang hingga Rp 41 triliun.

“Kalau BUMN ada ditemukan indikasi tindak pidana korupsi seperti Krakatau Steel dan Garuda langsung diproses, bahkan tidak segan Pak Erick Thohir melaporkan sendiri berbagai temuan dugaan tindakan Korupsi tersebut ke KPK,” katanya dalam keterangan, Rabu (7/12).

Karena proses itu berjalan, akhirnya terjadi konsolidasi yang baik, tadinya merugi Rp 1,4 triliun menjadi untung Rp 4,6 triliun. “Itulah salah satu keberhasilan dan kepiawaian yang dimiliki oleh Pak Erick Thohir,” lanjut Sondang.

Di samping itu, Erick juga melakukan efisiensi berdasarkan sektor. Seperti misalnya, pada sektor kesehatan, perusahaan BUMN yang memiliki Rumah Sakit (RS) disatukan sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang efektif bagi masyarakat.

Atas instruksinya sebagai Menteri BUMN, sejumlah RS BUMN bisa menjadi satu dan berpengaruh membantu mengatasi pandemi Covid-19. Sementara pada sektor perbankan, Kementerian BUMN juga melakukan trasformasi dan pengembangan pada perbankan Syariah melalui Bank Syariah Indonesia (BSI).

“Karena Pak Erick Thohir menyadari, Indonesai sebagai negara muslim terbesar di dunia harus memiliki bank syariah yang berfundamental kuat. Akhirnya, kalau kita lihat hari ini bagian labanya tumbuh baik,” kata pria yang juga berprofresi sebagai advokat ini.

Tak hanya korporasi, Erick juga dinilainya banyak mendorong kemajuan UMKM. Berdasarkan data sampai Oktober 2022 saja, BRI sebagai salah satu bank Himbara berhasil menyerap 32,7 juta pekerja melalui 10,3 juta UMKM penerima program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Hal ini menunjukkan bahwa BUMN juga bermanfaat dalam mengembangkan usaha kecil masyarakat dari sektor permodalan, pelatihan, produksi, sampai distribusinya,” pungkasnya.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts