Soal Xi Jinping, Bahlil Berharap Bisa Beri Dampak Baik ke Indonesia

Locoshop.co.id – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia berharap Xi Jinping yang bakal menjadi Presiden Tiongkok tiga periode bisa memberi dampak baik ke Indonesia. Pasalnya, menurut Bahlil, selama ini Xi Jinping memiliki komunikasi yang baik dengan Presiden Jokowi.

“Menurut saya (terpilihnya) Xi Jinping adalah sebuah hal yang positif. Dan Xi Jinping begitu terpilih lagi hubungan akan semakin baik lagi dengan pemerintah Indonesia,” kata Bahlil dalam konferensi pers realisasi investasi, Senin (24/10).

Read More

Bahlil menjelaskan, hubungan yang baik ini diharapkan bisa berdampak pada peningkatan investasi yang saling menguntungkan antar kedua negara. Salah satunya, mampu memberi nilai tambah terutama perihal lapangan kerja.

“Saya percaya karena hubungan Presiden Jokowi dan Xi Jinping terlepas mereka kepala negara, Insyaalah investasi Tiongkok ke Indonesia semakin bertambah dalam konteks saling menguntungkan,” tuturnya.

“Dalam konteks yang saling menghargai dalam konteks bisa tumbuh bersama-sama, khususnya menciptakan lapangan kerja dan nilai tambah,” tambah Bahlil.

Lebih lanjut, Bahlil mengungkapkan yang menjadi kekhawatiran terhadap ekonomi Indonesia bukanlah masa jabatan Xi Jinping. Melainkan, potensi ketegangan antara Tiongkok dan Taiwan yang bisa berdampak pada realisasi investasi Indonesia.

“Yang saya takutkan justru kalau terjadi ketegangan politik antara Tiongkok Taiwan. Selama tidak ada ketegangan, kita oke-oke saja. Masalah tentu ada, tapi kita butuh treatment,” ungkapnya.

Meski begitu, Bahlil mengaku senang jika ada masalah, karena setiap ada masalah itu artinya akan ada peluang. Baginya, negara yang memiliki persoalan itu harus diajak ngobrol agar bisa jatuh hati dan berdampak baik lebih jauh.

“Jadi mengurus investasi ini jangan lari dari masalah, kita ajak mereka ngobrol seolah-olah bagian dari partner mereka. Dengan begitu orang akan jatuh hati kepada kita. Jadi, insya Allah so far so good,” pungkasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri



Sumber: www.jawapos.com

Related posts