PLN Beri Tegangan Perdana SUTT 150 Kv New Porong-Sidoarjo

Locoshop.co.id – PLN memberikan tegangan pertama untuk saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kilovolt New Porong-Sidoarjo. Fasilitas terbaru tersebut diharapkan bisa mendukung transmisi listrik di wilayah Jawa Timur (Jatim).

Direktur Mega Project dan Energi Baru Terbarukan PLN Wiluyo Kusdwiharto mengatakan, konsistensi PLN untuk menambah jaringan tegangan tinggi perlu dijaga untuk mengakomodasi pertumbuhan konsumsi listrik di Indonesia. “Kali ini, komitmen itu kembali ditunjukkan untuk konsumen di Jatim,” ucapnya kemarin.

Wiluyo mengatakan, kebutuhan jaringan transmisi baru tak terelakkan. Sebab, pertumbuhan ekonomi Jatim pada kuartal III mencapai 5,75 persen. Biasanya, konsumsi listrik mengikuti pertumbuhan tersebut.

SUTT New Porong-Sidoarjo terdiri atas jaringan 38 tower dengan panjang lintasan 19 ribu kilometer sirkuit (kms). Dengan operasional pertama, jaringan tersebut mendukung sistem kelistrikan di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

“Langkah energize ini dilakukan setelah rangkaian pengujian. Dan rekomendasi laik bertegangan (RLB) sudah terbit,” ujarnya.

Wiluyo menegaskan, SUTT 150 kv New Porong-Sidoarjo bisa meningkatkan fleksibilitas sistem listrik. Jadi, saat jaringan eksisting sedang bermasalah, PLN bisa mengganti jalur listrik ke dalam wilayah tersebut.

“Sehingga gangguan yang dialami konsumen, terutama segmen industri, bisa diminimalkan,” tuturnya.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts