Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Beli Produk Asuransi

Locoshop.co.id – Asuransi menjadi kebutuhan bagi setiap masyarakat terutama untuk menjadi pelindung diri. Namun, berdasarkan survey masih banyak yang belum benar-benar mengerti dan paham mengenai manfaat produk dan jasa keuangan.

Chief Product Officer Allianz Life Indonesia Himawan Purnama mengingatkan masyarakat untuk tidak sekedar ikut-ikutan saat membeli produk asuransi. Sebelum membeli perlu dipastikan bahwa asuransi telah sesuai dengan kebutuhan.

Read More

“Jangan sampai beli asuransi ikut-ikutan, karena kita harus paham ada di tahap kehidupan yang mana dan kebutuhan paling penting apa,” kata Himawan dalam konferensi pers secara daring, baru-baru ini.

Terkait itu, Himawan mengungkapkan 3 hal yang wajib diperhatikan masyarakat sebelum membeli asuransi.

Pertama, adalah kebutuhan atas asuransi yang akan diambil. Menurut Himawan, asuransi itu ada banyak jenis dan parameternya sehingga sebelum membeli asuransi perlu dipastikan paham akan kebutuhannya.

“Ada beberapa risiko yang mendasari kenapa kita butuh asuransi, misalnya kalau meninggal terlalu cepat itu risiko. Apa yang terjadi dengan keluarga yang ditinggalkan atau sebaliknya kalau hidup terlalu panjang. Kalau risiko-risiko ini muncul, udah siap belum?” ungkap Himawan.

Lebih lanjut ia mengatakan, adanya asuransi bisa untuk mengganti kebergantungan finansial. Dengan begitu, asuransi bukan karena ada yang meninggal tetapi ada yang akan melanjutkan hidup.

Selain itu, sebelum membeli asuransi masyarakat perlu mengecek kondisi finansial. Hal ini akan berkaitan dengan iuran premi yang wajib dibayar, baik itu bulanan ataupum tahunan.

“Kedua, cek kondisi finansial karena asuransi itu jangka panjang dipastikan agar besok-besok kebutuhan kita yang lain tidak terganggu,” kata Himawan.

Ketiga, harus mengetahui isi polis dan lakukan review minimal 1 tahun sekali. Jangan sampai kemudian, kata Himawan, manfaat dari asuransi justru tidak bisa dirasakan karena lalai terhadap masa aktif polis.

“Jangan seperti membeli kucing dalam karung, artinya kita harus tahu isi polisnya apa. Benar-benar harus diketahui, kadang kala orang sudah beli polis terus lupa. At least setaun sekali tanya atau review manfaatnya terutama disesuaikan kebutuhan dan keperluan kita,” tandasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri



Sumber: www.jawapos.com

Related posts