Pastikan Harga Bapok Stabil, Zulhas Minta Pemda Subsidi Kenaikan Harga

Pastikan Harga Bapok Stabil, Zulhas Minta Pemda Subsidi Kenaikan Harga

Locoshop.co.id- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas memastikan harga bahan pokok di Tanah Air stabil jelang perayaan natal dan tahun baru atau Nataru. Selain itu, ia juga memastikan stoknya aman di pasaran.

“Saya telah melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah mengecek harga dan pasokan barang kebutuhan pokok. Secara umum harga barang kebutuhan pokok stabil dan pasokannya cukup,” kata Zulhas dalam keterangannya, ditulis Senin (5/12).

Read More

Ia menjelaskan, jika kemudian ada gejolak harga yang terjadi di pasaran. Pemerintah diminta untuk langsung bertindak dengan memberikan subsidi, baik untuk harga maupun untuk biaya logistik.

Hal ini dilakukan agar bahan pokok yang diperlukan masyarakat tetap tersedia di pasaran. Bahkan sebisa mungkin, kata dia secara harga bisa tetap stabil.

“Pemerintah menjamin ketersediaan barang pokok dan jika ada kenaikan harga, langsung disubsidi melalui Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Hal tersebut sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak September 2022. Di tengah inflasi yang melonjak, Presiden mewanti-wanti para kepala daerah untuk waspada, utamanya yang berkaitan dengan harga pangan.

Menurut Jokowi, harga pangan berkontribusi cukup besar terhadap kemiskinan di daerah. Apabila harga pangan naik, Presiden menyebut kemiskinan di daerah juga akan ikut naik.

“Utamanya itu beras sebagai komponen utama. Jadi hati-hati kalau harga beras di daerah Bapak, Ibu sekalian itu meskipun hanya Rp200 atau Rp500 (naik), segera diintervensi karena itu menyangkut kemiskinan di provinsi, di kabupaten, dan di kota Bapak, Ibu pimpin. Itu akan langsung bisa naik angka kemiskinannya,” kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Oleh sebab itu, ia meminta pemda dapat memanfaatkan komponen anggaran lain yaitu belanja tidak terduga untuk mengendalikan inflasi di daerah masing-masing seperti kenaikan bahan pangan.

Misalnya, terjadi kenaikan harga bawang merah, Presiden Jokowi menyebut pemda dapat membantu biaya transportasi agar harga bawang merah di petani dan di pasar tetap sama.

“Misalnya harga bawang merah. Bawang merah berasal yang banyak dari Brebes, misalnya ini Provinsinya Lampung. Brebes ke Lampung berapa transportasinya? Biaya transportasinya Rp 3 juta itu yang ditutup oleh pemda sehingga harga yang terjadi adalah harga petani di Brebes kemudian sama dengan harga yang ada di pasar. Kalau itu semua daerah melakukan, ini kita akan bisa menahan inflasi agar tidak naik,” tukas Presiden. (*)

 

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri



Sumber: www.jawapos.com

Related posts