Mendag Zulhas Perkuat Kerja Sama Perdagangan dalam Forum KTT G20

Locoshop.co.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal Konfederasi Industri India (The Confederation of Indian Industry/CII) Candrajeet Banarje, di KTT G20, Bali,
Senin (14/11). Pertemuan membahas penguatan kerja sama perdagangan kedua negara.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut kegiatan misi dagang yang dilaksanakan pada Agustus 2022 lalu. CII menyampaikan dukungannya, agar kedua negara mengadakan sebuah perjanjian perdagangan bilateral untuk meningkatkan perdagangan dan investasi, baik melalui perundingan PTA, maupun Review Perjanjian Perdagangan Barang ASEAN-India (AITIGA).

Read More

“Kita akan melakukan kunjungan ke India untuk merumuskan peningkatan kerja sama antara kedua negara. Indonesia juga tengah membentuk tim guna membahas area kerja sama tersebut,” kata Zulhas dalam keterangannya, Senin (14/11).

Menurut Zulhas, CII juga menyampaikan dukungannya pada keketuaan Indonesia dalam G20 tahun ini dan ingin bersinergi lebih erat untuk keberlanjutan Keketuaan G20 India 2023. Sejalan dengan Indonesia, tim B20 India sedang mempersiapkan beberapa fokus isu terkait ketahanan ekonomi melalui rantai nilai global, energi terbarukan, dan perubahan ilkim.

Dalam kesemlatan itu, Zulhas juga turut mendampingi pertemuan bilateral Presiden Jokowi dengan EU, Turkey, dan Australia. Menurutnya, Kementerian Perdagangan akan melakukan diskusi lebih intensif dengan pihak CII di Jakarta untuk mempersiapkan kunjungan ke India.

“Kami akan membawa pelaku usaha Indonesia ke India dan mengadakan pertemuan secara B2B dengan pelaku usaha India. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan perdagangan kedua negara,” pungkas Zulhas.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Muhammad Ridwan



Sumber: www.jawapos.com

Related posts