Langkah SCR Bantu Tumbuhkan Daya Saing UMKM di Sektor Ritel

Locoshop.co.id – Upaya mendorong menumbuhkembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus dilakukan baik melalui sejumlah program di Kementerian dan lembaga maupun dunia usaha.

Kementerian Menko Perekonomian menyebutkan bahwa UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Sektor ini berkontribusi hingga 60,5% terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9% dari total angkatan kerja nasional.

Read More

Dukungan salah satunya dilakukan Sampoerna Retail Community (SRC) yang merupakan bagian dari PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS), anak usaha PT HM Sampoerna Tbk. Terdapat lebih dari 225.000 toko kelontong tradisional di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SRC dan mendapatkan pembinaan untuk mengembangkan usahanya agar lebih berdaya saing. Upaya ini memberikan dampak positif khususnya dalam menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM.

Merayakan kesuksesan toko kelontong SRC memberi dampak positif bagi masyarakat, SRCIS menggelar Pesta Retail Djawa Timoer 2022, di lapangan Parkir Lotte Grosir Sidoarjo, Waru. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November 2022 hingga 18 Desember 2022.

Dr. Andromeda Qomariah MM, Kepala Dinas Koperasi & UKM Jawa Timur yang hadir mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, mengapresiasi upaya pengembangan toko kelontong yang dilakukan oleh SRC. Ia berharap, pengembangan UMKM ini akan terus berjalan dan semakin luas.

“Bukan hanya di dalam penyediaan produk-produk pabrikan, tetapi juga di dalam memasarkan produk-produk unggulan lokal sehingga ada sinergi antara produk-produk pabrikan dengan produk-produk lokal yang berada di suatu daerah,” ujar Andromeda.

Direktur Penjualan Sampoerna Ivan Cahyadi mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. “Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan.

Sementara itu, Direktur PT SRCIS Rima Tanago menambahkan, Pesta Retail Djawa Timoer akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di Jawa Timur.

“Kegiatan ini merupakan bukti konkret dalam upaya kami mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat naik kelas. Kami percaya Pesta Retail Djawa Timoer 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” ujar Rima.

Kegiatan akbar ini, lanjut Rima, diharapkan dapat memperkuat ekosistem toko kelontong SRC agar makin adaptif dan inovatif di manapun mereka berada. Serta memperkenalkan toko kelontong SRC kepada masyarakat lebih luas lagi. Oleh karena itu, selama Pesta Retail Djawa Timoer berlangsung, para pedagang Toko Kelontong SRC dipacu untuk mengeksplorasi berbagai inovasi demi kemajuan bisnisnya.

“Pesta Retail ini akan menjadi momentum bagi toko kelontong SRC untuk membuktikan kemampuannya sebagai toko serba bisa yang menjadi andalan bagi kebutuhan masyarakat Indonesia, mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai dengan produk digital,” katanya.

 

Editor : Mohamad Nur Asikin



Sumber: www.jawapos.com

Related posts