Hidup Dari Konten, Kartini Raih Kesuksesan Hidup di Ibu Kota 

Locoshop.co.id – Bekerja di ibu kota bukanlah hal yang mudah bagi setiap orang, termasuk bagi Kartini. Perempuan asal Banjarnegara, Jawa Tengah, itu memutuskan merantau dari ke Jakarta. Kala itu dia baru berusia 19 tahun.

Pilihan itu untuk membantu perekonomian beban orang tua. Ketika itu ibunya sehari-hari melakoni diri sebagai penjahit dan ayah penarik becak. “Aku tergerak cari uang sendiri, karena sedih lihat Bapak masih menarik becak. Apalagi Bapak juga sudah berumur,” tutur Kartini.

Dengan merantau ke Jakarta, Kartini berharap mendapat upah yang bisa menghidupi dirinya dan keluarga di kampung halaman.

Awalnya, Kartini bekerja di sebuah pabrik, produsen produk kesehatan wanita. Namun, bekerja di pabrik menghadapi banyak tantangan yang berujung pada rasa yang tidak nyaman bagi Kartini.

Akan tetapi situasi itu mau tak mau harus dilakoni. Di samping itu, dia harus beradaptasi hidup di ibu kota. Situasinya memang tidak mudah bagi Kartini. Apalagi upah yang didapat pun hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Agar bisa menambah pemasukan, Kartini pun berupaya mencari pemasukan lain berjualan skincare. Namun, hasilnya belum sesuai dengan harapan. Baik untuk hidup layak di rantau dan membantu orang tua di kampung halaman.

Lantas, Kartini mencoba jalan lain. Dia mencoba mendaftar sebagai affiliate dengan mengunggah video-video pendek yang berisi rekomendasi produk fashion. Dia menautkan link produk yang direkomendasikan, sehingga orang-orang bisa langsung mengklik dan membeli produk itu. Lalu, dia akan mendapat komisi melalui Shopee Affiliates Program.

Semula momen terjun sebagai affiliate, Kartini hanya membuat konten saat ada waktu luang. Jadwal upload-nya pun tidak menentu. Namun, setelah membulatkan tekad untuk menjadi seorang affiliate, dia memutuskan untuk konsisten mengunggah setidaknya satu konten dalam seminggu.

Konsistensi Kartini tak hanya menambah jumlah konten di akun media sosial. Lebih dari itu, dengan menjadi konsisten, dia terus berpikir kreatif untuk dijadikan ide konten. Sekarang, konten-kontennya beragam dan dapat dinikmati oleh banyak pengikut.

Penghasilan yang didapatkan Kartini pada bulan pertama sebagai affiliate setara dengan upah bulanan pekerjaan utamanya. Bahkan, setelah setahun menjadi affiliate, penghasilannya naik hingga puluhan kali lipat upah bulanannya selama ini. Hal itu menjadikan Kartini semakin semangat dalam membuat konten.

Hingga kini, Kartini sudah berhasil mencapai beberapa impiannya. Tak hanya membiayai kehidupan keluarganya, Kartini juga sudah bisa merenovasi rumah orang tua di kampung halaman dengan penghasilannya sebagai affiliate.

Dia juga sudah upgrade gawainya untuk mendukung kualitas kontennya, serta membeli kendaraan yang sudah lama diimpikan, yakni Vespa. Kini, Kartini sudah meyakinkan diri untuk keluar dari pekerjaan utamanya dan menjadi Shopee affiliate.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts