Genjot Inovasi Bangun Ekosistem Digital Perbankan

Locoshop.co.id – Transformasi digital menjadi sebuah keharusan di sektor perbankan masa ini. Sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang menginginkan transaksi cepat, praktis, aman, dan murah.

Salah satunya dilakukan PT BPRS Hijra ALAMI dengan meluncurkan aplikasi mobile banking Hijra Bank, Selasa (6/12). CEO ALAMI Group Dima Djani mengatakan, Hijra Bank berambisi untuk menjadi digital mobile apps beyond banking. Merevolusi keuangan syariah di Indonesia untuk melayani umat melalui teknologi. Tentu dalam pengembangan layanan perbankan digital syariah telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

Read More

Hijra Bank merupakan hasil transformasi dari BPRS Cempaka Al-Amin yang diakusisi oleh ALAMI Group pada Maret 2021. Melalui teknologi digital, harapannya dapat mengubah dan memberdayakan sebuah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) agar mampu bertahan di tengah arus era digital saat ini.

Dia memastikan masyarakat memperoleh akses keuangan yang memudahkan, adil, dan transparan sesuai prinsip syariah. Serta menjadi mitra masyarakat untuk bergerak menuju kehidupan yang lebih baik dan berdampak. Terutama milenial.

Tahun depan, Dima tak memasang target muluk-muluk. Penyaluran pembiayaan masih chaneling dengan fintech Alami Sharia. “Kita punya sudah punya sarana. Kita manfaatkan, integrasi. Hijra Bank sebagai induknya,” terangnya.

Hijra Bank memiliki beberapa fitur yang unik. Tak hanya sekadar menabung. Tapi juga mengajak nasabah pada misi kebaikan. Salah satunya Sedekah Sign Up, Tabungan Wadi’ah, Transfer, dan Hijra Box untuk membantu umat mengatur keuangan lebih cermat sesuai dengan tujuannya.

“Ada juga Hijra Lifestyle yang menghadirkan sesi kajian ilmu dari para ahli dengan topik menarik dan bermanfaat seperti parenting, kehidupan rumah tangga, dan kesehatan mental,” jelasnya.

Sebelumnya, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk juga semakin melengkapi layanan Digital Mortgage Ecosystem perseroan dan menghadirkan konsep metaverse pada BTN Virtual Expo 2022. Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto mengatakan, inovasi tersebut bertujuan agar nasabah dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan akan hunian dan perawatannya. Layanan digital memenuhi empat aspek yakni living, renting, buying, dan selling.

“Dengan begitu, nasabah tidak hanya mudah mencari properti dan mengajukan pinjaman, tapi juga memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk perawatan dan kebersihan hunian,” tuturnya.

Digital Mortgage Ecosystem, BTN menghadirkan layanan Profesional Listing dan Home Service pada aplikasi btnproperti dan SMART Residence. Melalui layanan Profesional Listing, nasabah dapat mengakses layanan perbaikan, perawatan, serta renovasi hunian dari berbagai penawaran jasa yang ada. Dengan demikian, nasabah dapat memilih dan melakukan komparasi harga dan layanan terbaik. “Layanan ini juga dilengkapi jasa desain arsitektur untuk mempercantik bangunan huniannya,” imbuh Andi.

Untuk layanan Home Service, nasabah dapat melakukan pemesanan jasa kebersihan. Selain itu, fitur ini juga menawarkan layanan perbaikan elektronik rumah tangga hingga layanan kesehatan dan kecantikan.

Andi optimistis cakupan ekosistem digital BTN akan terus bertumbuh menjadi One Stop Shop Housing Ecosystem. “Ini adalah bukti bahwa Bank BTN sangat fokus menjadi yang terdepan dalam Digitalisasi Mortgage Ecosystem,” tandasnya.

Hingga September 2022, layanan digital btnproperti sendiri telah mencatatkan 19,6 juta pengunjung. Penyaluran kredit tercatat Rp 942 miliar.

 

 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Agas Putra Hartanto



Sumber: www.jawapos.com

Related posts