Gandeng Asosiasi Usaha Eropa, Percepat Realisasi IEU-CEPA

Locoshop.co.id – Di sela-sela The 10th ASEAN-EU Business Summit yang berlangsung di Brussel, Belgia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar pertemuan dengan asosiasi/federasi usaha dan pimpinan perusahaan. Salah satunya, Federation of European Sporting Goods Industry (FESI).

Vice President FESI dan Vice President Government and Community Affairs Adidas Manuel Pauser menyampaikan harapan dan dukungan agar perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA) bisa segera selesai dan menghasilkan kesepakatan.

Menanggapi hal tersebut, Airlangga menyampaikan, percepatan penyelesaian proses perundingan IEU-CEPA membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk dari kalangan asosiasi dan dunia usaha. “IEU-CEPA adalah kunci dalam mendorong kerja sama perdagangan, investasi, dan kerja sama ekonomi lainnya antara Indonesia dan Uni Eropa,” tutur Airlangga kemarin waktu setempat secara virtual.

Airlangga menambahkan, proses perundingan berjalan lebih lama daripada rencana semula. Awalnya, perundingan akan selesai dalam empat putaran lagi, atau sebelum 2024.

“Indonesia mengharapkan dukungan dari para pelaku usaha di Uni Eropa agar proses perundingan bisa diselesaikan dengan cepat,” tuturnya.

Menurut FESI, tantangan ekonomi global yang dihadapi para pengusaha saat ini diperkirakan tidak akan berlaku lama. Global economic difficulties yang terjadi saat ini diperkirakan segera berakhir dan berangsur pulih seperti semula.

“Industri sporting goods tetap mengalami pertumbuhan di pasar. Atas dasar itu, FESI meyakini bahwa perekonomian akan dapat pulih dengan cepat, setidaknya hingga semester II 2023,” tutur Pauser.



Sumber: www.jawapos.com

Related posts