Persiapkan Pemuda Hadapi Proxy War (Muting, Merauke)

proxy2Komandan Koramil 1707-04/Muting Kapten Czi Septian Herpriyono, S.Sos., memberikan Pembekalan Materi Nasionalisme dan Peran Pemuda dalam menghadapi Proxy War kepada Pemuda dan Pemudi Organisasi KNPI DPC Distrik Muting, Minggu 20 November 2016 bertempat di Kantor Distrik Muting.

Dalam Materinya, Danramil 1707-04/Muting Kapten Czi Septian Herpriyono, S.Sos., membahas tentang Peran Pemuda dalam menghadapi Proxy War dan mensosialisasikan beberapa point penting yang ditekankan oleh Panglima TNI kepada Komponen masyarakat di Distrik Muting.proxy1

Adapun penekanan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yaitu menjelaskan tentang perspektif ancaman yang terjadi di Indonesia antara lain sebagai berikut :

  1. Dari Darwin dimana ancaman datang dari Pulau Masela dekat dengan Pulau Saumlaki dan Pulau Selaru (DP saat Trikora), di Pulau Masela ada marinir dari Amerika sejumlah 2.500 orang dan sekarang meningkat jumlahnya.
  2. Laut Cina Selatan, Pelanggaran oleh kapal-kapal dari Tiongkok yang dikawal oleh Coast Guard Tiongkok, pernyataan pemimpin Tiongkok yang merespon keputusan Arbitrase (13 Juli 2016) dan pembuatan pulau dari terumbu karang oleh Tiongkok yang bisa membuat ZEE lebih dekat ke Indonesia.
  3. FIVE POWER DEFENCE ARRANGEMENT (FPDA) perjanjian kerjasama pertahanan Negara-negara Persemakmuran Inggris Raya (Selandia Baru, Australia, Singapura, Malaysia dan Inggris). Pada tanggal 4 s.d. 21 Oktober 2016 melaksanakan latihan bersama di Malaysia, Singapura dan kawasan Laut Tiongkok Selatan dalam rangka hari jadi ke-45 FPDA dengan melibatkan 3.000 personel, 71 pesawat tempur, 11 kapal tempur dan kapal selam, dimana tidak ada pemberitahuan dan belum pernah terjadi sebelumnya.
  4. Ancaman Terorisme. WNI yang telah di didik oleh ISIS akan kembali ke wilayah masing-masing, perlu diketahui bahwa sumber terbesar ISIS berasal dari Australia, Malaysia, Brunei dan Filipina. Selama Teroris masih dianggap pelanggaran pidana maka akan tambah sulit untuk mengatasi. ISIS sebenarnya berlatar belakang Energi. Pusat ISIS Asia Tenggara berada di Jolo dekat dengan Kaltara maupun Poso memerlukan perhatian khusus.
  5. Pada tahun 2016 5,1 juta (2% dari jumlah penduduk Indonesia) menyalahkan narkoba. 15.000 jiwa meninggal setiap tahun. Indonesia saat ini sedang menghadapi perang candu dengan sasaran lost geration.
  6. Persaingan Ekonomi. Saat ini Indonesia peringkat 3 di dunia untuk kepercayaan konsomen. Peringkat ke 2 dunia negara yang paling optimis di dunia, dan peringkat ke 8 Gross Domestic Product 2015, amnesti pajak terbesar di dunia yang membawa pengaruh di negara Singapura maupun Malaysia, ditengah situasi ekonomi dunia yang sedang sulit saat ini.proxy3

Danramil menjelaskan, dari perspektif ancaman tersebut berpengaruh terhadap kondisi dalam negeri saat ini. Hal ini perlu diketahui ada invinsible hands yang mendesain membentuk opini untuk melemahkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang di desain dari luar dikarenakan kebutuhan Energi, Pangan dan Air. Cara mengatasinya adalah agar selalu berpedoman terhadap Pancasila dan tidak mudah dipecah belah.proxy4

Lebih lanjut  Kapten Czi Septian Herpriyono, S.Sos. memberikan Penekanan kepada Masyarakat antara lain sebagai berikut :

  1. Jangan mudah terhasut, terprovokasi dan teradu domba terhadap rakyat oleh Pihak ketiga yang merugikan dan memecah persatuan dan kesatuan bangsa.
  2. Mengajak seluruh anak bangsa wujudkan stabilitas keamanan dan politik agar NKRI tidak terpecah belah serta tercipta iklim usaha yang kondusif, pertumbuhan ekonomi yang baik dan mewujudkan masyarakat yang sejahtera.
  3. Menghadapi Kompetisi global agar seluruh komponen bangsa dapat memahami situasi, bersatu bersama-sama untuk mewujudkan Indonesia sebagai Bangsa Pemenang dan Indonesia Emas 2045.
  4. Mensosialisasikan Paparan Panglima TNI kepada seluruh komponen bangsa di wilayah Distrik Muting agar dapat mengerti ancaman yang Indonesia hadapi saat ini.

Dalam kegiatan tersebut hadir Ketua KNPI Kab. Merauke Hendrikus Mahuse, S.Sos., M.Si., Kepala Distrik Muting Bapak Marman, S.Sos., M.Si., Kapolsek Muting Ipda Djoko Setiawan, SH., Kepala Kampung se-Distrik Muting, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Pemudi se-Distrik Muting.*( leskolive/pm/2016 )

About admin

Check Also

Tajuk Pemikiran : UU Desa dan Kemandirian Pemerintahan Desa. By : Dian Hernawa Susanti

UU Desa dan Kemandirian Pemerintahan Desa Oleh : Dian Hernawa Susanti Parliamentmagazine. Jakarta. Adelio CB. …