PAPUAN NEWS MAGAZINE : Peningkatan Kualitas Peran Minat Baca SDM Papua

baca2Gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP MH melalui Asisten Bidang Umum Sekda Provinsi Papua, Rosina Upessy, SH menjelaskan, peran minat baca dalam peningkatan kualitas  sumber daya manusia senantiasa berada pada posisi yang sangat strategis.

Dikatakannya, dengan dilaksanakan Gerakan Indonesia Gemar Membaca Tingkat Provinsi Papua, minat baca bagi masyarakat Papua sudah harus dikembangkan untuk menciptakan masyarakat Papua yang cerdasa dan berwawasan luas menuju Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera.

baca1“Diharapkan kepada para buapti/walikota se-Papua dapat memotivasi masyarakat untuk menjadi masyarakat yang gemar membaca, sehingga masyarakat menjadi pintas, cerdas dan berwawasan luas,” kata Rosina Upessy saat membuka kegiatan  Pencanangan Gerakan Indonesia Gemar Membaca tingkat Provinsi Papua, di Jayapura, baru-baru ini.

Lebih lanjut, kata Rosina, dalam upaya menumbuh kembangkan minat baca tidaklah semudah membalikkan telapak tangan karena banyak tantangan dan hambatan yang harus dihadapi.

“Hal ini diawali dari dalam keluarga  dunia pendidikan hingga seluruh masyarakat sejak dikandungan, bukan keterampilan bawaan yang dapat dikembangkan dibina dan dipupuk melalui kegiatan belajar mengajar,” ujarnya.baca3

Kebiasaan membaca, lanjut Rosina, merupakan sesuatu yang penting yang harus ditumbuh kembangkan sejak dini dalam rangka untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan sejak usia dini hingga seluruh masyarakat.

“Membaca sangat bervariasi karena dengan membaca dapat menciptakan gagasan serta merangsang kreativitas dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua yang handal,”.

Dengan membaca merangsang imajinasi ke arah pengembangan spiritual. Dengan membaca merangsang imajinasi ke arah pengembangan spiritual. Dengan membaca membantu pengembangan berpikir kritis dan pengembangan diri.baca4

Dengan membaca membantu pengembangan pribadi dan emosi. Dengan membaca membantu pembentukan karakter seseorang dan dengan membaca secara umum menambah informasi dan pengetahuan dan menanam budi pekerti.

“Untuk itu kita harus membuat strategi dalam meningkatkan minat baca masyarakat, sehingga menjadi masyarakat yang cerdas dan berwawasan luas,”.

Pada kesempatan itu Rosina Upessy mengungkapkan Pemerintah Provinsi Papua melalui Badan

Perpustakaan dan Arsip Daerah – Papua, telah berhasil membina seorang siswa terbaik atas nama Alaisya Putri Jafar  sebagai pemenang tingkat nasional tahun 2014 untuk Lomba Bercerita Etnis Papua.*( leskolive/pm/2016 )

About admin

Check Also

kala ps

Jaringan Bela Negara News : Ini Bentuk Bela Negara Versi Wapres JK

Jaringan Bela Negara news – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengatakan sikap bela negara tidak …