PAPUAN NEWS MAGAZINE : Pariwisata Papua Barat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Setempat

pabar3Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan pemerintah daerah saat ini sedang menggalakkan pembangunan pariwisata daerah. Salah satu keberhasilan dukungan pembangunan pariwisata daerah ini terlihat di Papua Barat, tepatnya di Raja Ampat.

Promosi yang dilakukan Pemerintah Daerah Papua Barat bekerja sama dengan Kemenparekraf antara lain Festival Raja Ampat dan direct sale atau penjualan produk wisata secara langsung yang diadakan di tempat keramaian. Pembangunan serta promosi daerah Papua Barat ini juga mampu membuka peluang kerja bagi masyarakat lokal.pabar2

Sejauh ini, penjualan produk wisata telah dilakukan di Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Selanjutnya penjualan produk wisata juga akan dilakukan di Jakarta, seperti dinyatakan oleh Kasubdit Promosi Tujuan Wisata Wilayah V (Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara), Diah Widiati Kusumawardani, saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Senin. Diah menyatakan efektifitas langkah ini dapat dilihat dari hasil penjualan produk wisata yang mencapai target.

Pembangunan Papua Barat yang sedang berlangsung ini mendapat sambutan baik dari berbagai pihak, serta berdampak positif bagi jumlah kedatangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. “Peningkatan jumlah wisatawan tentunya berkontribusi langsung terhadap peningkatan ekonomi masyarakat sekitar,”.

pabar1Diah menyatakan bahwa untuk menunjang pembangunan daerah Papua Barat, jumlah hotel di daerah ini perlu ditambah. Pertambahan jumlah hotel ini juga bisa menjadi peluang kerja bagi penduduk setempat. Infrastruktur penunjang lain yang diperlukan diantaranya money changer, pusat kerajinan tangan, serta restoran.

Diah menilai Pemerintah Daerah Papua Barat cukup aktif dalam membangun pariwisata daerahnya. Salah satu contohnya bisa dilihat pada pengembangan lokasi wisata Pantai Waesae. Pada tahun 2009, pantai tersebut masih kosong dan belum menunjukkan aktivitas wisata. Namun, pada kunjungannya di tahun 2010, Diah melihat adanya tempat berjualan permanen yang mengindikasikan dimulainya aktivitas pariwisata di kawasan ini. Pada kunjungannya di tahun berikutnya hingga kini, pantai tersebut sudah ramai dengan aktivitas pariwisata.

Diah mengungkapkan, selain Raja Ampat, Sorong dan Manokwari juga akan dipromosikan sebagai destinasi pariwisata lain di Papua Barat. “Daerah sekitar Raja Ampat juga banyak yang menarik, di antaranya Sorong dan Manokwari. Kami memilih dua tempat ini sebagai destinasi pariwisata yang akan dipromosikan selanjutnya karena letak keduanya yang tak jauh dari Raja Ampat. Sehingga selain ke Raja Ampat, wisatawan juga bisa berkunjung ke Sorong dan Manokwari”.*( papuannewsmagazine/2016 )

About admin

Check Also

Presiden RI Menunjang Pembangunan Untuk Papua Oleh: Yoli Sonia Putri

Presiden RI Menunjang Pembangunan Untuk Papua Oleh: Yoli Sonia Putri Jakarta, Parliamentmagazine. Bapak Presiden Indonesia …