PAPUAN NEWS MAGAZINE : BIMBINGAN TEKNIS STAF KHUSUS PRESIDEN DENGAN MASYARAKAT PAPUA

 stafsus-1Sejalan dengan visi dan program Nawacita untuk membangun Indonesia dari pinggiran, pemerintah Indonesia sedang mempersiapkan program Holistik terintegrasi atau menyeluruh untuk membangun Papua melalui penyelesaian yang terintegrasi.Mengacu kepada arahan Presiden pad rapat terbatas tentang masalah Papua, yang menginstruksikan untuk melibatkan partisipasi dari masyarkat Papua, seperti kalangan agamawan, lembaga adat dll. Sehingga implementasi program dapat secara Holistik terintegrasi dan menyentuh langsung rakyat Papua.

Holistik yang dimaksud adalah mengintegrasikan penyelesaian masalah pendidikan, kesehatan, ekonomi,infrastruktur danmasalah keamanan, masalah HAM dan diplomasi dlam satu paket program.Dalam implementasi program di Tanah Papua, yakni program yang dilaksanakan Kementerian/Lembaga terkait memiliki program yang berjalan masing-masing, namun belum terkoordinasi dengan baik dilapangan, sehingga dalam proses implementasinya menjadi tumpang tindih satu sama lain. Oleh karena itu dibutuhkan pelaksana program yng dapat mengintegrasikan antar Kementerian/Lembaga terkait. Sehingga salah satu Program yang akan digagas secara Kooperatif lintas kementerian/Lembaga adalah Program bantuan Sosial NonTunai Holistik di Tanah Papua.stafsus2

Program ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat adat di Tanah Papua. Melalui program ini diharapkan dapat menjamin ketersediaan akses bahan pokok dengan harga sama di semua wilayah, pemberian bantuan sosial yang berkeadilan, serta mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat adat. Program ini dilaksanakan secara holistik terintegrasi atas kerjama antara Kementerian sosial, Perbankan dan Bulog.

Implemetasi Program bantuan sosial Holistik non tunai akan dilaksanakan diseluruh kabupaten/Kota ditanah Papua. Namun sebagai Pilot PROJECT akan dilaksanakan di Kota wamena,Kab.Jayawijaya. Sebagaimana data yang dilansiroleh Bapenas kabupaten Jayawijaya merupakan Kabupaten yang memiliki potensi pertanian tinggi.namun kurangmndapat pendampingan, sehingga kabupaten Jayawijaya termasuk dalam jajaran kabupaten yang tingkat IPMnya lebih rendah dari rara-rata IPM Provinsi Papua itu sendiri.   stafsus3stafsus4

Dalam kegiatan ini dilaksanakan 2 kegiatan yakni :

  1. Bimtek Program bantuan sosial Non Tunai Holistik terintegrasi masyarakat adat bersama dengan kementerian terkait.
  2. FGD rencana aksi terkait program bantuan sosial Non Tunai Holistik terintegrasi

 Hasil yang diharapkan dari Program ini :

  1. Memberikan pendampingan danedukasi kepada masyarakat adat berkaitan dengan Program Bantuan sosial Holistik NonTunai di Tanah Papua.
  2. Menjamin adanya ketersediaan akses bahan pokok bagi masyarakat adat dengan harga yang sama di semua wilayah.

3.memberikan fasilitas masyarakat adat untuk mendapatkan bantuan sosial yang berkeadilan, agar dapatmendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. *( leskolive/pm/2016 )

About admin

Check Also

ibu-2

PAPUAN NEWS MAGAZINE : Selamat Hari Ibu, Ibu Bumi!

Sejak Republik Indonesia tekonsolidasi setelah tahun 1950, gagasan peringatan hari ibu pada 22 Desember diusulkan …